Icip-Icip Kulineran Sunda

Icip-Icip Kulineran Sunda

Icip-Icip Kulineran Sunda – Saat pelesiran ke wilayah Garut, Anda tentu melalui jalan Nagreg. Jalan itu sebagai jalan yang luas dan panjang.

Oleh karena itu ada banyak restaurant di sejauh jalan Nagreg. Diantaranya ialah Darmaga Sunda, yakni restaurant ciri khas Sunda yang memiliki konsep kapal.

Icip-Icip Kulineran Sunda Bersama Keluarga di Darmaga Sunda

Makanan di Darmaga Sunda populer kesedapannya. Lantas, harga makanan di restaurant ini condong tambah murah dibanding restaurant Sunda yang lain yang berada di wilayah Nagreg.

Baca Juga: Martabak Maskulin Yang Enak

Jika Anda ingin istirahat saat sebelum pulang ke Bandung atau Jakarta, berkunjung dahulu, yok, ke Darmaga Sunda!

Menu

Jika kembali makan masakan Sunda, tentu saja Anda harus coba nasi liwetnya. Sesungguhnya ada banyak opsi nasi yang lain, seperti nasi putih, nasi merah, nasi tutug oncom, dan sebagainya, tetapi author sedang pengin makan nasi liwet saat itu.

Serunya, nasi di Darmaga Sunda tidak dikenakan ongkos tambahan karena author pesan menu paket ayam untuk tujuh orang. Maka nasinya free alias tak perlu dibayarkan kembali, hehe. Nasi liwetnya dihidangkan di panci kastrol. Karena pancinya masih tetap panas saat tiba, Anda perlu waspada agar tangan tidak mengenainya, ya!

Saat tutup panci kastrol dibuka, langsung tercium merebak wanginya nasi liwet. Harumnya saja telah lezat, apa lagi rasanya! Nasi liwet ini pulen, renyah, asinnya cocok, terus ada bahan pendamping seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabai gendot hijau, dan teri goreng yang krenyes-krenyes.

Untuk lauk nasi liwet, author pilih paket ayam untuk 7 orang. Dari 7 jatah ayam ini bebas ingin diapakan. Maka author pesan 4 ayam dimasak dan 3 bekasnya dibakar. Paket ayam ini telah terhitung makanan pengiring yang lain seperti tempe goreng, ikan asin, perkedel, dan sambal lahap. Sayang tempe gorengnya tidak begitu nikmat. Jika sambalnya, sich, oke. Oh ya, inilah kemunculan ayamnya.

Harga Icip-Icip Kulineran Sunda

Ayam yang dipakai ialah ayam daerah. Ayamnya diungkep dengan bumbu kuning lalu dimasak sampai kuning keemasan. Jika ayam bakarnya diberi bumbu gunakan kecap. Kekeduanya, baik ayam yang dimasak atau dibakar, punyai cita-rasa juara. Umumnya ayam daerah itu cukup keras, kan? Tetapi, ayam daerah ini benar-benar tidak keras, loh.

Harga Ayam Daerah Goreng untuk empat orang ialah Rp 165.000. Sedang harga Ayam Daerah Bakar untuk tiga orang ialah Rp 145.000. Lantas, author pesan Oseng Kiciwis (Rp 15.000), Oseng Kangkung (Rp 14.000), dan Oseng Genjer (Rp 12.000). Semua tumisannya nikmat, sayang genjernya tidak diolah gunakan bumbu oncom tetapi ditumis biasa. Walau sebenarnya genjer lebih nikmat jika ditumis gunakan oncom.

Seperti umumnya restaurant Sunda yang lain, menu minuman di Darmaga Sunda ada berbagai macam. Sudah pasti minuman ciri khas Tanah Sunda seperti bandrek dan bajigur berada di sini. Tetapi, disamping itu Anda juga bisa pesan minuman fresh seperti es jeruk, juice jambu, juice kiwi, juice mangga, es kelapa, sampai milkshake dan kopi.

Harga minuman di Darmaga Sunda terhitung cukup mahal tetapi lumrah, ingat tempatnya benar-benar luas dan cantik. Kira saja Anda beli panorama di sini, hehe. Untuk Es Teh Tawar dipandang Rp 8.000, Bajigur Rp 12.000, Juice Jambu Rp 20.000, Es Jeruk Rp 17.500, Air Mineral Rp 6.000, Milkshake Rp 20.000, Juice Kiwi Rp 20.000, dan Juice Mangga Rp 17.000.

Tempat

Hampir sama dengan restaurant Sunda yang lain di wilayah Nagreg, Darmaga Sunda mempunyai tempat yang paling luas. Darmaga Sunda ada di kiri jalan (arah ke Bandung dari Garut). Dasarnya, Anda dapat menyaksikan plang warna cokelat tertulis “Darmaga Sunda Restoran” dengan gambar perahu monitor.

Keunikan Darmaga Sunda ialah eksteriornya yang dibikin dari kayu dan dikasih pernak-pernik seperti kapal laut. Tempat makan ini punyai tempat parkir yang lega, tetapi tetap padat karena restaurant Darmaga Sunda tak pernah sepi pengunjung, bahkan juga pada hari kerja (weekdays) sekalinya. Tetapi, tak perlu cemas, karena juru parkirkannya akan menolong Anda cari tempat sekalian menolong memarkirkan kendaraan Anda.

Saat masuk, Anda akan disongsong meja resepsionis dan ruangan tunggu yang luas. Kelak Anda akan ditanyakan tiba bersama berapakah orang lalu ingin duduk di mana. Ada tempat lesehan di saung, tempat duduk seperti restaurant biasa, dan ada pula lesehan di lantai 2.

Pada bagian depan restaurant sebagai tempat tempat makan duduk biasa. Tetapi, di situ ada pentas kecil yang dapat dicarter. Umumnya yang duduk di tempat ini ialah group kantor dan keluarga besar, karena mereka dapat sekalian karokean di situ.

Tempat saung tepi danau benar-benar terkenal diputuskan oleh keluarga yang bawa anak kecil. Sekalian menanti makanan tiba, beberapa anak bisa menyaksikan ikan yang hidup di danau.

Kecuali saung di tepi danau, ada pula saung yang ada di “darat.” Saung ini posisinya bersebrangan dengan saung tepi danau barusan. Meskipun tidak langsung bisa menyaksikan panorama danau, ada di belakang saung ini ada kolam , kok, meskipun kecil.

Jika photo ini sebagai tempat lesehan panjang yang berada di pojok lain lantai dua. Tempat lesehannya benar-benar plain karena tidak dikasih bantal duduk maupun hiasan yang lain. Salah satu hiasan ada pada dindingnya yang digambar gambar perahu.

Lokasi Icip-Icip Kulineran Sunda

Ini ialah tempat lesehan lantai 2 yang khusus. Tempatnya lebih privat dibanding tempat lesehan dilukis atas, kan? Dan kembali, panorama dari tempat ini lebih baik karena di sebelahnya ada seperti perahu yang dapat dinaiki.

Inilah fotonya. Anda juga bisa duduk dan makan pada tempat duduk berupa perahu ini. Beberapa anak kecil tentu senang, dech, soalnya jadi terasa makan di atas perahu betulan. Masih di lantai 2, Anda dapat berjalan ke podium untuk menyaksikan interior yang dibuat sama seperti haluan kapal laut komplet dengan setirnya.

Saat ini, silahkan balik ke lantai 1. Sesungguhnya segala hal yang membahagiakan bergabung di lantai pertama. Di danaunya, Anda dan buah kesayangan bisa sewa perahu dengan ongkos Rp 20.000/jam.

Wujud perahunya berbagai macam. Ada yang wujud angsa, katak, mobil, dan sebagainya. Anda dan anak Anda bisa berkeliling-keliling di danau yang lumayan luas ini sesudah makan-makan nanti.

Tidak ingin main di air? Tenang saja, di tempat ini ada permainan yang lain seperti becak mini. Author lupa bertanya harga sewa becak mini ini, tetapi paling harga tidak jauh berbeda dengan sewa perahu. Kemungkinan sejumlah Rp 15 – 20 beberapa ribu /jam.

Track becak mini ialah sejauh jalan yang menghubungkan antar saung. Jalannya lumayan luas, dua becak tidak bertubrukan keduanya meskipun berjalan bersisian. Orang yang ingin melalui tidak terhalangi.

Nach, di tempat tengah, ada danau kecil yang dapat dijelajah oleh kita, loh. Inilah danau mininya. Danau mini ini diperlengkapi sama air terjun di sejumlah pojok. Antiknya, Anda dapat menelusuri masuk di dalam gua dibalik air terjun bahkan juga naik ke atas air terjun, loh.

Jika ini ialah photo masjid-nya. Masjid di Darmaga Sunda berada di muka gedung. Ukuran lumayan luas meskipun tidak ada pemisah di antara wanita dan pria. Tempatnya bersih dan mukena dan sarung yang disiapkan juga bersih.

Makanan Enak Khas Sunda wajib Dicoba

Cukup acak, memang, tetapi author senang dengan seragam karyawan di Darmaga Sunda. Karena mengangkat topik laut, beberapa pegawainya juga didandani seperti sailor betulan. Lucu, ya, seragamnya?

Ya, itu penjelasan ringkas mengenai Darmaga Sunda. Menurut author peringkat restaurant ini ialah 7/10 untuk makanan dan 8/10 untuk tempat. Makanan di sini nikmat, tetapi tidak semua nikmat. Nilai plus-nya karena mungkin harga cukup dapat dijangkau. Untuk makan bertujuh, author habiskan uang sejumlah Rp 470 ribu + PPN Rp 23 ribu. Jika dihitung per-orangnya cuman Rp 70.000-an saja.

Untuk tempatnya, Darmaga Sunda punyai ide yang unik. Tempatnya spacy, bersih, terurus, dan panoramanya cantik. Karena itu author berikan score 8/10. Kemungkinan bila lantai dua gedung ini dikasih semakin banyak hiasan akan lebih baik.

Alamat Darmaga Sunda berada di Jalan Raya Bandung – Garut ByPass Cicalengka no. 20, Citaman, Nagreg, Bandung, Jawa Barat 40215. Apa Anda pernah bertandang ke situ? Bagaimana menurut Anda makanan, servis, dan tempat restaurant Darmaga Sunda?